Articles

8 Mengajari Trotol Burung Jalak Makan Sendiri

Last Updated on Monday, 22 June 2015 Published Date Written by masbun

ANF Bird Pos Online edisi 8

mengajari jalak suren makan sendiri

Seiring banyaknya pertanyaan yang masuk tentang bagaimana mengajari trotol burung jalak makan sendiri.. melalui ANF Bird Pos Online edisi 8 ini saya tulis artikel tahap-tahap mengajari trotol burung jalak agar mau makan sendiri
Langka-langkah dalam proses pembelajaran ini, saya tidak menyebutkan umur dari trotol burung jalak yang bersangkutan dikarenakan tidak semua pemilik burung tau pasti umur burung yang dimilikinya.Langkah-langkah dibawah ini, juga berlaku untuk trotol burung jenis yang lainnya

1... Saya asumsikan, tahap pembelajaran ini dimulai dari piyik baru belajar nangkring. Pada tahap ini, burung disuapi menggunakan voer yang dibasahi air/voer basah menggunakan stik dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore setiap 2-3 jam sekali dan jemur secukupnya. Cara meloloh adalah dengan cara voer basah di ambil menggunakan stik dan dilolohkan ke mulut burung.

2... jika burung sudah nangkring kuat dan sudah mahir naik turun pangkringan dengan gesit, langkah selanjutnya adalah mulai jam 7 pagi, burung cukup dijemur saja dan sediakan voer basah di dalam sangkar tapi jangan disuapi. setelah jam 9 baru burung diloloh .Dalam tahap meloloh ini, stik mengambil voer basah yang berada di dalam sangkar, tapi jangan dilolohkan ke burung, tapi biarkan burung mendekati stik yang berisi makanan. Jika burung sudah mendekati stik dan cepuk pakan, baru stik yang berisi makanan itu diberikan ke burung. Dalam hal ini, letak cepuk makanan dan pangkringan agak jauh.Dalam proses ini, jika burung belum mau mendekati cepuk makanan dan stik yang berisi makanan, maka ulangi point 1.

3... jika burung sudah mahir mendekati stik dan cepuk makanan sewaktu diloloh, langkah selanjutnya adalah, dari jam 7 burung dijemur dan diloloh setelah jam 9. Dalam tahap ini, stik mengambil voer dari cepuk yang berada di dalam sangkar, diangakat sedikit sejajar dengan kepala burung, biarkan burung mendekati stik tersebut jangan dilolohkan ke burung, tapi biarkan burung yang mematuk makanan tersebut. Jika dalam langkah ini, burung belum mau mematuk makanan yang berada di stik, ulangi langkah 2.

4... jika burung sudah mahir mematuk makanan yang berada di stik seperti point 3 diatas, langkah selanjutnya adalah dari jam 7 burung di jemur, baru setelah jam 10 burung diajari makan sendiri di cepuk. dalam proses ini cepuk yang berisi voer basah cukup diaduk aduk memakai stik yang biasa digunanakan untuk meloloh burung. Dalam proses stik mengaduk-aduk cepuk makanan tersebut, biasanya burung akan memakan voer yang telah diaduk-aduk . proses pengadukan voer tersebut diulang-ulang setiap 2 jam sekali dikarenakan, dalam tahap ini, burung hanya mau makan jika voer diaduk-aduk saja. Jika voer tidak diaduk, burung tidak mau makan sendiri.Jika sewaktu voer diaduk aduk, tapi burung tidak mau makan sendiri, ulangi langkah 3.
5... jika burung sudah mau makan lahap jika voer diaduk aduk, langkah selanjutnya adalah, kurangi porsi pengadukan voer, hanya pagi mulai jam 9, jam 1 siang dan jam 4 sore. Pantau perkembangan burung tersebut. Dalam tahap ini, biasanya burung mau makanan dalam cepuk walaupun cepuk tersebut tidak diaduk-aduk menggunakan stik. Jika burung belum mau makan sendiri sewaktu cepuk tidak diaduk, ulangi poin 4

6... jika burung sudah mau makan lahap tanpa cepuknya diaduk-aduk, langkah selanjutnya dari pagi sampai jam 10 cukup dijemur dan diberi air minum saja tanpa diberi makanan. Setelah jam 10 pagi, masukkan voer kering. Pantau burung tersebut, biasanya burung mau memakan voer kering tersebut. Jika dalam tahap ini burung belum mau makan voer kering, ulangi poin 5

7... jika burung sudah mau makan veor kering dengan lahap seperti point 6 diatas, pada jam 12 siang, pantau kotorannya, jika kotorannya berbentuk bulantan voer kecil atau berwarna encer putih, maka segera voer kering yang berada di dalam sangkar tersebut dibasahi air.

8... ulangi langkah point 7 diatas, dan pantau terus perkembangan kotorannya. Jika kotoran sudah berbentuk bulatan besar, berarti burung tersebut sudah mau makan voer kering sepanjang hari tanpa dibasahi air.

Dalam tahap 1-8 diatas, pemilik harus terus memantau perkembangan tubuh burung tersebut

Klik disini untuk melihat daftar lengkap JSI Pos Online

Copyright 2011. Joomla 1.7 templates.