Articles

11 Merawat abangan piyik burung Jalak Baru Menetas

Last Updated on Saturday, 04 July 2015 Published Date Written by masbun

Merawat abangan/piyik baru menetas burung jalak

Menyambung tulisan saya beberapa saat yang lalu yang berjudul mengajari trotol burung jalak makan sendiri, pada kesempatan ini, melalui ANF Bird Pos Online edisi ke 11, saya akan menulis tips merawat abangan/anakan burung jalak baru menetas

Merawat piyik burung jalak yang baru menetas tidaklah semudah yang kita bayangkan,.. kalau hanya sebatas memberikan makanan ke mulut piyik, semua orang bisa,,, kunci utama keberhasilan meloloh piyik burung jalak baru menetas terletak pada ketepatan suhu, kestabilan suhu dan sirkulasi udara yang cukup.

 Setiap penangkar mempunyai metode meloloh piyik yang berbeda antara penangkar yang satu dengan yang lainnya. Disini saya hanya menulis metode meloloh piyik yang saat ini saya terapkan di ANF Bird Farm..
Suhu dalam inkubator/kotak untuk meloloh piyik antara 32-33 derajad celcius, ingat.. suhu dalam inkubator harus stabil di angka tersebut sepanjang hari. Untuk kotak incubator tidak ada ukuran baku, semua menyesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas piyik yang ingin kita loloh. Kalaupun kita kerepotan membuat kotak inkbator, bisa juga menggunakan kardus mie instan yang didalamnya diberi lampu pijar 5 watt. untuk menyetel suhu di dalam incubator, kita bisa menaikkan ataupun menurunkan lampu pijar tersebut agar memperoleh suhu yang tepat seperti yang saya sebutkan diatas.
Perhatian, lampu yang digunakan adalah lampu pijar yang didalamnya terdapat filamen... jangan pernah menggunakan lampu hemat energi, lampu neon, lampu jari... karena semua lampu tersebut hanya sedikit menghasilkan panas,, 
Brikut Tahap awal meloloh/handfeeding 


1. Umur 1-4 hari diberikan kroto segar yang telah dibersihkan dari kotoran.. sebelum diberikan kepada piyik, kroto tersebut dibasahi air agar piyik mudah menelan.. proses pemberian kroto bisa menggunakan pinset.. pemberian kroto tersebut diberikan setiap 2 jam sekali dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam.
2. Piyik umur 5-9 hari.. pada umur tersebut, piyik sudah bisa diberikan voer yang sebelumnya telah diseduh dengan air panas yang telah didinginkan.. voer basah tersebut, dicampurkan dengan kroto segar dengan perbandingan 50:50. Hasil pencampuran kroto dan voer tersebut baru diberikan ke piyik.... proses pemberian makanan tersebut diberikan setiap 2 jam sekali dimulai dari jam 8 pagi sampai 8 malam. Campuran voer dan kroto tersebut bisa diberikan ke piyik menggunakan stik atau pinset.
3. Piyik umur 10-23 hari.... pada piyik umur tersebut, bisa diberikan makan berupa voer yang telah diseduh yang telah didinginkan dan jangkrik yang sudah dipotong kaki dan kepalanya, pada umur tersebut, proses meloloh adalah setiap 2 jam sekali, burung diberikan 2 ekor jangkrik yang telah dipotong kaki dan kepalanya setiap kali meloloh, sisanya diberikan voer dibasahi air..

Pada umur 23 hari, burung sudah bisa naik turun pangkringan dengan gesit.. proses pemberian pakan burung setelah umur 23 hari sampai proses pembelajaran makan sendiri sudah saya tulis di artikel sebelumnya yang berjudul mengajari trotol burung jalak makan sendiri

Berikut adalah sedikit pengalaman saya dalam merawat abangan burung jalak yang baru menetas. semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

klik disini untuk membaca daftar lengkap ANF Bird Pos Online

Copyright 2011. Joomla 1.7 templates.